Cara menghafal Al Quran dengan Mudah

Menghafal Al Qur’an dengan Mudah

Oleh : Muhammad Ridho Muhyiddin


    Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali anak-anak ataupun orangtua yang sudah mempunyai hafalan Al Qur’an dan kebanyakan masyarakat yang belum menghafal atau belum bisa menghafal ingin tahu cara menghafal orang-orang tersebut.
    Disini Insyaa Allah saya akan memaparkan beberapa cara yang bisa pembaca gunakan untuk menghafal Al Qur’an. Dan beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut :
Yang Pertama, Menghafal dengan cara mengulang-ulang, cara ini mayoritas dipakai oleh kebanyakan penghafal Al Qur’an. Seperti yang kita ketahui dengan bahwa menghafal dengan cara mengulang sudah melekat dalam diri kita di kehidupan sehari-hari. Dan dengan mengulang-ulang bacaan Al Qur’an tanpa kita sadari kita sudah mampu menghafalnya. Contoh yang paling konkrit misalnya membaca Surat Yaasin yang sering dibaca di malam Jum’at atau Surat Al Waqiah, Surat Ar Rahman dan lain lain.
Yang kedua, Menghafal dengan cara memaknai bacaan, menghafal dengan cara ini sangat jarang karena ketika kita ingin menghafal Al Qur’an kita harus paham terlebih dahulu apa yang mau kita baca tersebut atau apa arti dari ayat yang mau kita hafal tersebut. kebanyakan yang memakai cara ini adalah orang-orang yag sudah selesai menghafal atau sudah khatam Al Qur’an tapi karena belum tau artinya jadi mereka mengulang kembali atau murajaah dengan cara ini dan juga orang-orang yang fasih dalam berbahasa Arab.
Yang ketiga, Menghafal dengan cara mendengarkan, cara ini lebih ke mendengarkan bacaan Al Qur’an orang lain seperti zaman Rasulullah SAW yang ketika itu Sahabat Nabi SAW menghafal dengan mendengarkan ayat Al Qur’an yang dilantunkan Rasulullah SAW karena ketika itu masih sedikit yang bisa baca tulis. Dan di zaman sekarang ini lantunan ayat Al Qur’an sudah bisa kita akses dengan mudah. Sehingga memudahkan kita untuk menghafal dengan cara ini.
Yang keempat, Menghafal dengan cara menulis terlebih dahulu, cara ini sudah sering dilakukan para Ulama zaman dahulu. Dan sebagian dari penghafal Al Qur’an ada yang cocok dengan menuliskan ayat-ayat yang akan dihafalkannya. Seperti ketika kita mendapatkan ilmu yang kita rasa penting dan kita mencatatnya atau menuliskannya. Dan seperti itulah cara yang keempat ini.
Tetapi sebenarnya cara apapun yang bisa kita lakukan diatas, tidak lepas dari mengulang-ulang bacaan sampai kita bisa mengucapkannya tanpa melihat mushaf sedikit pun. Cara-cara diatas hanya permulaan atau langkah pertama yang dilakukan para Penghafal Al Quran agar mudah saat mulai menghafal. Sedangkan cara yang paling ideal tidak bisa dipastikan karena setiap penghafal Al Quran berbeda-beda.
Kesimpulannya, apapun cara yang kita gunakan untuk menghafal Al Quran, yang paling penting kita merasa betah dan nikmat dalam menghafal. Sehingga kita bisa mudah untuk mengingat hafalan Al Quran yang kita hafal tersebut.
Wallahu ‘alam bisshawab.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar