Keberkahan Mencari Ilmu di Pondok Pesantren

 



Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat menuntut ilmu yang cara pembelajarannya diidentikkan dengan cara-cara tradisional. Akan tetapi dengan berkembangannya zaman cara pandang pesantren mulai berkembang semakin modern sesuai kebutuhan zaman tanpa meninggalkan karakter-karakter ciri khas pondok pasantren itu sendiri.

Perkembangan zaman dapat menjadikan cara pandang pesantren semakin modern sesuai dengan kebutuhan, dengan aktivitas-aktivitas yang diperoleh para santri sebagai bekal keilmuan baik secara dhohir atau batin secara jelas dan nyata akan terasa manfaat dari keberkahan. Keberkahan ilmu akan terasa jauh saat santri telah menyelesaikan mondoknya di pondok pesantren atau bahkan sudah terasa saat masih di pondok. Aktivitas-aktivitas yang sering dilaksanakan di pondok dari mulai bangun dini hari untuk melaksanakan solat tahajud sampai dengan tidur lagi sering di maknai tabbaruk (ngalap berkah) dikalangan santri.

Hakikatnya tidak ada seorang santri manapun yang ia tidak mendambakan keberkahan dalam hidupnya. Karena berkah berarti tumbuh yang menghantarkan kita untuk menetap dalam ketaatan pada Allah serta mengalirkan amalan kita pada ridho-Nya. Keberkahan ilmu salah satu yang sering diharapkan dan di do'a kan di samping keberkahan-keberkahan amalan-amalan lain, untuk mendapatkan keberkahan ilmu dengan adab yang baik.

Sahabat Rasul SAW,  Jundub bin Abdillah meriwayatkan dalam HR At-Thabrani, HR al-Baihaqi dan Ibn Majah:  "Dahulu kami ketika remaja bersama Rasulullah SAW, kami belajar al-Quran kemudian setelah kami belajar al-Quran maka bertambahlah keimanan kami." Dari hadits tersebut sungguh jelas bahwa manhaj pembelajaran sesuai Islam di mulai dengan mempelajari keimanan lalu berlanjut mengenal dan mempelajari Al-Qur'an, sesuai dengan penulis sisipkan gambar di atas.

Kegiatan di pondok pesantren begitu tertata dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah dibentuk, ini yang penulis rasakan tinggal di lingkungan pesantren. Abi Lutfi Zulkarnain, S.Ag.,M.E.Sy selaku Pimpinan Pondok Pesantren Modern Daar El Mansur selalu memgingatkan bahwa keberkahan kita selaku manusia adalah bersyukur kepada Allah SWT.

Untuk mencapai keberkahan ilmu ada beberapa tahapan agar santri bersungguh-sungguh dalam belajar

Pertama, adanya niat baik adalah kunci utama dalam meraih manfaat dari ilmu yang di pelajari, niat yang baik akan membawa kebaikan tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi bagi orang lain

Kedua, Niat belajar baik pelajaran pondok ataupun pelajaran umum karena niat belajar di sini adalah mencari Ridho Allah dalam menuntut ilmu, ilmu yang diperoleh akan menjadi jalan untuk mencapai kerberkahan hidup

Ketiga, Mensyukuri apa yang telah Allah berikan. Dengan adanya niat baik, seorang santri pelan tapi pasti akan membentuk karakter dan moral dirinya. Seorang santri yang memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, berakhlak baik, dan mampu menjadi panutan bagi orang lain. Menjalani aktifitas dengan sikap yang baik, positif, penuh kehati-hatian dan tidak mudah terpengaruh untuk hal-hal yang kurang positif

Keberkahan itu didapatkan semata-mata mencari Ridho-Nya Allah, memuliakan dan menghormati pimpinan, guru-guru, menaati peraturan, dan menyayangi sesama. Di pondok pesantren keberkahan ilmu begitu luas.


Oleh : Siti Kholifah


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar