Islamic Book Fair & Wisata Edukasi Pondok Pesantren Daar El-Manshur 2023

 




Tepat pada hari Kamis, 21 September 2023 alhamdulillah Pondok Pesantren Daar El-Manshur berhasil melaksanakan kegiatan wisata edukasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengunjungi tempat-tempat edukasi guna meningkatkan pengetahuan para santri. Beberapa tempat yang kami kunjungi meliputi Islamic Book Fair (IBF), Museum Pancasila untuk santri putra, dan Museum Kehutanan untuk santri putri.

  Alhamdulillah, kami berangkat menggunakan empat bus pariwisata, dengan dua bus untuk santri putra dan dua bus untuk santri putri.

Islamic Book Fair (IBF) – Istora Senayan, Jakarta 2023

Pondok Pesantren Daar El-Manshur berhasil melaksanakan kegiatan wisata edukasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengunjungi tempat-tempat edukasi guna meningkatkan pengetahuan para santri. Beberapa tempat yang kami kunjungi meliputi Islamic Book Fair (IBF), Museum Pancasila untuk santri putra, dan Museum Kehutanan untuk santri putri. Alhamdulillah, kami berangkat menggunakan empat bus pariwisata, dengan dua bus untuk santri putra dan dua bus untuk santri putri.

Tujuan Pondok Pesantren Daar El-Manshur mengadakan kunjungan ke IBF adalah untuk meningkatkan literasi santri, memperluas wawasan mereka, dan menginspirasi mereka untuk membaca dan menulis buku-buku edukatif yang produktif, seperti yang tercantum dalam kutipan mahfudzot:

خَيْرُ جَلِيْسٍ فِي الزَّمَانِ كِتَابٌ

“ Sebaik-baiknya teman adalah buku”



Museum Pancasila – Lubang Buaya, Jakarta Timur

Tempat selanjutnya yang dikunjungi oleh santri Putra Ponpes Daar El-Manshur sebagai bagian dari wisata edukasi adalah Museum Pancasila. Museum ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada santri mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia dan menghormati perjuangan pahlawan revolusi Indonesia.

Para santri diberi penjelasan oleh pemandu museum atau edukator museum tentang perjuangan para pahlawan melalui miniatur, patung-patung pahlawan, dan artefak sejarah lainnya yang dipajang di museum.



Perpustakaan dan Museum Kehutanan Manggala Wanabakti – Jakarta Pusat

Setelah mengunjungi IBF, santri putri diarahkan untuk mengunjungi destinasi wisata edukasi berikutnya, yaitu Perpustakaan dan Museum Kehutanan Manggala Wanabakti. Museum ini adalah salah satu museum kehutanan yang menyajikan informasi penting tentang kekayaan hutan Indonesia.

Saat pertama kali masuk ke lantai 1 museum, santri-santri mendapatkan kesempatan untuk menonton animasi dan film edukatif yang disajikan oleh edukator museum. Kemudian, mereka diajak berkeliling museum untuk melihat koleksi-koleksi barang bersejarah dan mencatat informasi-informasi penting yang diberikan oleh edukator. Santri juga diperkenankan untuk mengunjungi perpustakaan yang terletak di lantai 2 museum, di mana mereka dapat menelusuri dan membaca buku-buku yang tersedia.

Sebelum kembali ke pondok pesantren, para santri diberikan waktu untuk sesi tanya jawab dengan pihak museum dan perpustakaan tentang pengetahuan yang mereka peroleh selama kunjungan dengan edukator museum. Santri yang dapat menjawab pertanyaan akan mendapatkan penghargaan berupa boneka dan tumbler. Alhamdulillah, santri-santri sangat antusias dalam mengikuti sesi tanya jawab ini.

Semoga dengan adanya kegiatan wisata edukasi ke IBF, Museum Pancasila, dan Perpustakaan dan Museum Kehutanan ini, santri-santri dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasan mereka. Kami berharap para santri juga terinspirasi oleh penulis-penulis buku untuk terus berkarya lebih baik.

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar