Hidayah

Hidayah

Oleh Muhammad Ridho Muhyiddin 

Dalam Islam hari ini terdapat 4 Madzhab yang diikuti Umat Islam yaitu
1. Imam Syafi'i
2. Imam Maliki
3. Imam Hambali
4. Imam Hanafi
Dan diceritakan Ada seorang pemuda yang berasal dari Malaysia bertemu dengan seorang Nenek yang paham semua agama dalam sebuah pesawat kemudian pemuda tersebut bertanya kepada nenek tersebut tentang fiqh dan lainnya yang berhubungan dengan islam. Dan nenek tersebut menjawab pertanyaan pemuda tersebut dengan lancar dan benar seperti seseorang yang sudah paham benar tentang islam sehingga pemuda tersebut berpikir bahwa nenek tersebut itu adalah orang islam. Tetapi ketika nenek itu masuk ke toilet yang ada di bandara dan kemudian pemuda tersebut melihat nenek tersebut keluar dari toilet tersebut dengan memegang pundaknya lalu melepaskan lalu terlihat sebuah kalung salib pemuda itu kaget lalu merasa cemas karena nenek yang dia kira seorang islam ternyata bukan sehingga pemuda tersebut memberanikan diri untuk bertanya kepada nenek tersebut "nek, andakan sudah paham tentang islam tetapi mengapa anda belum masuk islam?" lalu nenek itu menjawab "Allah belum memberikan kepadaku hidayah untuk masuk islam." maka disini kita tahu bahwa seseorang yang paham tentang islam belum tentu ia masuk islam karena hidayah allah itu tidak dapat dipaksakan dan hanya bisa diberikan oleh allah SWT. 
Seperti ketika pada zaman Rasulullah yaitu Paman Rasul yang melindungi Nabi mulai dari diangkat menjadi Nabi sampai ia meninggal dengan keadaan belum memeluk agama Islam dikarenakan belum mendapatkan hidayah-Nya meskipun Nabi telah menuntunnya untuk membaca kalimat syahadat di akhir hayatnya dan menjadikan tahun dimana Paman Rasul tersebut yaitu Abu Thalib menjadi tahun kesedihan. 
Dan pada zaman Nabi juga, ada seorang pengemis tua dan buta tetapi dia selalu mencela Nabi. Tetapi Nabi yang tahu tentang hal tersebut tidak membalas celaannya tetapi Nabi setiap hari membalasnya dengan selalu memberi dan menyuapi pengemis tersebut tanpa diketahui oleh pengemis tersebut. Dan hal ini dilakukan sampai akhir hidup Nabi yang kemudian Abu Bakar yang mengetahui apa yang dilakukan Rasulullah kepada pengemis tersebut sehingga dia ingin melanjutkan apa yang dilakukan Nabi kepasa pengemis tersebut. Setelah Nabi meninggal Abu Bakar kemudian pergi ke pengemis tersebut dengan membawa makanan yang akan diberikan kepada pengemis itu. Lalu ketika Abu Bakar mulai menyuapi pengemis tersebut. Pengemis tersebut merasa aneh karena cara orang didepannya untuk menyuapinya berbeda dengan orang yg setiap hari selalu menyuapinya. Sehingga dia marah kepada Abu Bakar dengan berkata "engkau bukan orang yang selalu mengunjungiku dan memberiku makan setiap hari. Dimana orang yang selalu memberiku makanan itu?"
Abu Bakar dengan menangis ia menjawab, "sesungguhnya orang yang selalu merawat, mengunjungi, memberi makan dan juga menyuapimu dengan lembut sekarang telah tiada. Dan tahukah engkau siapakah dia? Dia adalah orang yang selalu engkau cela dan hina. Dan engkau menghinanya ketika dia memberimu makan tetapi dia tidak membalasmu tetapi hanya tersenyum dengan pelan pelan menyuapimu. Dia adalah Rasulullah." setelah mendengar perkataan orang didepannya tersebut pengemis merasa kaget dan ingin menangis karena orang yang selalu merawatnya ternyata orang yang selalu ia cela dan kemudian pengemis itupun menangis dan membaca kalimat syahadat dihadapan Abu Bakar dan ia masuk Islam. 
Kesimpulannya sebagai manusia kita tidak tahu kapan dan dimana kita atau orang yang belum masuk Islam akan mendapatkan atau diberikan hidayah dari Allah SWT apakah dari perantara orang lain, keluarga ataupun langsung dari Allah SWT. Wallahu alam bisshawab.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar