Menjadikan Petani Milenial Menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin

Menjadikan Petani Milenial Menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin

Senin, 15 Juli 2019 minggu lalu provinsi Jawa Barat mengadakan suatu event besar yang diadakan 2 tahun sekali selama empat hari.
Dalam rangka memperingati Hari Krida Pertanian (HKP) seluruh Jawa Barat dengan tema “menjadikan petani milenial menuju jawa barat juara lahir batin” bertempat di lapangan Dadaha, Tasikmalaya.
   
Dalam acara ini dihadiri oleh seluruh petani yang aktif dalam organisasi petani yaitu Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) seluruh wilayah yang ada di Jawa Barat.
Acara ini hairi oleh Wali kota dan Wakilnya kota Tasikmalaya dan wakil gubernur Jawa Barat. “Tujuannya dengan di adakannya kegiatan tersebut supaya petani di Indonesia khususnya di Jawa Barat melek hasil taninya serta diiringi dengan teknologi yang sudah canggih dan modern agar para petani tidak ketinggalan yaitu dengan era teknologi milenial”, ujar bapak WaliKota Tasikmalaya ketika diawal pembukaan acara.

Selama 4hari disana banyak kegiatan acara seperti workshop, bincang dengan wirausaha muda, seminar, bazar sayur dan buah hasil pertanian setiap daerah dan kotanya yang ada di Jawa Barat, demo teknologi alat baru untuk petani dan bagaimana cara mengoperasikannya dan merawatnya, temu usaha agribisnis, temuwicara dengan dengan gubernur dan Kepala Dinas tentang pembangunan pertanian, serta diisi juga dengan lomba-lomba dan hiburan lokal Tasikmalaya.
Perlombaan diwajibkan setiap daerahnya untuk ikut andil meramaikan Hari Krida Pertanian (HKP) dengan berbagai lomba.

Salah satunya kota Depok ikut berperan aktif dan andil dalam kegiatan tersebut. Terutama kota Depok mengikuti semua setiap rangkaian perlombaanya. 
Setiap bidang perlombaan kota Depok mengirimkan perwakilannya. Lomba yang diikuti oleh kota Depok diantarannya lomba paduan suara menyanyikan lagu MARS KTNA dan lagu khas daerah Sunda, asah terampil, stand pameran, lomba penyajian buah dan sayur unggulan setiap daerah masing-masing, lomba mengemas benih ikan lele, lomba inovasi teknologi, lomba bongkar dan pasang mesin traktor, lomba okulasi bibit buah, lomba kupas belah dan cungkil kelapa, lomba sexing DOC, lomba pasang alat jejer legowo, dan lomba pembuatan vlog.

Hari Krida Pertanian (HKP) itu merupakan hari ulang tahun para petani di Indonesia khususnya di Jawa Barat, tujuannya adalah untuk mengenalkan hasil tanaman buah dan sayur-mayur unggulan disetiap daerahnya baik di Perkotaan dan Kabupatennya.
Menurut saya ini adalah acara sangat menarik, karena dizaman era milenial ini apalagi anak muda zaman sekarang bisa dikatakan sebagian sudah tidak peduli dengan lahan pertanian terutama di kota Depok ini. Padahal sebagian besar penduduk Indonesia khususnya di Kota Depok adalah memakan hasil pertanian, seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan lain-lainnya. 
Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan saya selaku anak muda milenial bisa terpacu dan termotivasi untuk mengembangkan sektor pertanian di Kota Depok.

By: Deden Mutasari
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar