"Kemerdekaan" apa kata mereka



  Perjuangan melawan penjajah untuk mewujudkan suatu kemerdekaan bukanlah suatu perkara yang dapat kita pandang sebelah mata karena tidak hanya jiwa dan raga yang harus di pertaruhkan bahkan nyawa pun menjadi pengorbanan untuk mewujudkan ciat-cita suatu bangsa untuk meraih kebebasan dan kemerdekaan suatu bangsa. Sebagaimana para pahlawan kita dahulu bagaimana mereka berjuang mengorbankan segala keringat, pikiran, jiwa, raga, bahkan nyawa mereka pertaruh kan demi kita anak dan cucu mereka agar kita dapat merasakan indahnya kebebasan dan kemerdekaan tanpa harus ikt merasakan kesedihan dan kepedihan dalam perjuangan untuk memerdekakaan bangsa ini.
                   Terutama kita sebagai umat muslim kita tidak boleh mengabaikan apalagi melupakan jasa para pahlawan kita bagai mana dahulu para pahlawan muslim kita telah  memerjuangkan negara kita dengan tulus dan ikhlas karena Allah SWT dengan menyerukan kalimat “takbir dan merdeka atau mati” mereka rela meninggalkan segala hal demi pengabdianya pada negri ini. Mendengar kalimat ini tentu hendaknya kita sebagai pemuda bangsa ini sadar dan mengintropeksi diri apa saja yang telah kita lakukan selama ini dalam melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan kita terdahulu. Tentu kita tidak ingin menjadi generasi yang merusak bangsa sendiri  dengan tawuran, minum-minum, narkoba, pergaulan bebas, dan hal-hal negatif lainya tanpa tahu bagaimana para pahlwan kita dahulu berjuang.
                    Lalu, bagaimana seharusnya pemuda muslim memaknai kemerdekaan bangsa ini agar kita sebagai pemuda muslim tidak menjadi pemutus estafet perjuangan para pahlawan terdahulu;
“ Merdeka bagi saya merupakan suatu kenikmatan yang amat teramat besar yang Allah SWT berikan kepada warga negara indonesia ini. Oleh karena itu Saya rasa kemerdekaan indonesia pada 17 Agustus 1945 itu bukanlah akhir dari perjuangan bangsa ini namun, ini adalah permulaan yang harus di hadapi bangsa ini dalam mamajukan suatu bangsa. Saya juga merasa bahwa bangsa ini sampai saat ini masih terjajah walaupun tidak secara kasat mata terlihat nyatanya masih banyak tantangan lain yang harus di hadapi bangsa ini maka dari itu kita sebagai pemuda bangsa ini harus memiliki kesadaran dan pemikiran yang besar demi memerdekakan bamgsa ini secara utuh.” Kata Ryan Maulana ( Santri Daar El Manshur ).
“ kemerdekaan adalah suatu hal yang mencerminkan sikap terbebas dari hal-hal yang membuat rakyat menjadi sengsara, oleh karena itu marilah kita teruskan perjuangan para pahlawan kita terdahulu dengan cara bersungguh-sungguh dalam belajar dan mencapai tujuan.”  Kata Rifaldi ( Santri Daar El Manshur ).
  “ Merdeka bagi saya adalah berarti kita telah terbebas dari segala apapun yang mangganggu/menghalangi kita dalam meraih tujuan baik itu berupa kajahatan, kemiskinan, kesengsaraan dan hal-hal lain yang menghalangi kita dari segala apaun. Kemerdekaan yang telah di raih para pahlawan ini harus kita jaga dengan segenap tumpah dan darah kita sebagaimana para pahlawan kita dahulu juga mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa ini.” Kata Sultan ( Santri Daar El Manshur ).
                    Dari beberapa ungkapan di atas pada hakikatnya kita sebagai pemuda penerus bangsa ini kita tidak boleh menyia-nyiakan apa yang telah di perjuangakan oleh para pahlawan kita terdahulu. Kita harus dapat turut andil dalam memajukan bangsa ini dengan cara belajar secara sungguh-sungguh, tidak malas-malasan, dan meninggalkan segala hal yang bersifat sia-sia  serta tidak bermanfaat. kita harus mulai berfikir dan bertindak bagaimana cara agar negara ini dapat maju dan terbebas secara utuh dari segala hal penjajahan baik itu yang terlihat secara kasat mata maupun yang tak terlihat. Karena inilah tugas kita sebagai generasi penerus bangsa ini, karena ada di tangan kitalah masa depan bangsa ini sebagai pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar