Memaknai Hakikat Kehidupan di Dunia

Memaknai Hakikat Kehidupan di Dunia
Oleh : Nuril Anwar


           Di mulai dari alam rahim saat kita memulai mengemban amanah dari  Allah SWT untuk menjadi Khalifah di bumi yang akan kita tempati kemudian kehidupan dunia kita mulai dari mulai bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sampai meninggal kan dunia ini untuk berjumpa lagi dengan Allah SWT begitulah siklus kehidupan manusia yang mana hanya orang-orang yang paham dan beruntunglah yang dapat memaknai arti dari kehidupan di dunia ini. 
            Seiring dengan berjalannya waktu dan zaman sekarang kita sudah mulai melewati tahap demi tahap kehidupan di dunia ini namum apakah kita sadar bahwa kita telah melewati tahap-tahap itu? Nyatanya Fenomena sekarang banyak orang yang tidak sadar terhadap hal itu orang lebih sibuk memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi seperti besok mau ngapain, besok mau kerja apa, besok mau makan apa, besok mau ke mana dan lain sebagainya padahal tidak yang dapat menjamin apakah besok kita masih di beri kesempatan untuk bernapas atau tidak. Tanpa sadar bahita telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupan di dunia ini bahkan kita tidak tahu apa saja yang telah kita lakukan dan kerjakan selama kita hidup di alam dunia
             Tidak sedikit juga orang yang tidak tahu atau tidak paham bagaimana cara mereka memaknai kehidupan di dunia padahal mereka orang-orang yang berilmu dan terpandang. Ini terjadi karena kebanyakan dari mereka hanya berilmu  yang bersifat duniawi saja mereka lupa bahwasanya untuk mencapai kesuksesan hidup kiat juga harus paham keilmuan dunia & akhirat sebagai mana dalam hadist yang artinya 
" Barang siapa yang menginginkan kebaikan dunia maka hendaknya dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan kebaikan akhirat maka hendaknya dengan ilmu juga, Dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka hendaklah denah ilmu juga."
               Seorang muslim  yang berilmu pasti paham mengenai hakikat mereka hidup di dunia ini baik itu tujuan, apa yang harus di lakukan, apa yang harus di persiapkan, dan apa saja yang menjadi tugas serta kewajiban yang harus mereka lakukan atau tinggalkan. Karena kehidupan di dunia  hakikatnya hanya sementara sebagai mana kita menghampiri suatu tempat untuk istirahat saat kita ingin menuju ke tujuan tempat yang kita inginkan.
                    Oleh karena itu kita Sebagai umat muslim kita harus paham betul dalam memaknai kehidupan di dunia ini karena dalam Al Qur'an sendiri telah di ajarkan dan di terangkan bahwasanya nya Allah SWT menciptakan kita di dunia ini untuk menjadi Khalifah  yang tujuannya itu sendiri untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Karena pada hakikatnya segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini bisa bernilai ibadah selama kita sungguh-sungguh dan ikhlas mengerjakannya kita niatkan hanya karena Allah SWT bukan untuk mengharapkan pujian dari orang lain dan lain hal sebagainya.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar